MobilOtomotif

Penting Memahami Alasan Turun Mesin, Begini Penjelasan dan Langkah Antisipasinya 

BISNISBANTEN.COM — Turun mesin adalah kondisi di mana mesin diturunkan dari kendaraan untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam karena kondisi abnormal yang terjadi pada mesin dengan tujuan untuk mengembalikannya ke kondisi normal. Penjelasan lebih lanjut mengenai turun mesin dapat AutoFamily saksikan pada konten Youtube Auto2000 ID berjudul Jaga Mesin Agar Tetap Prima! Simak Penjelasannya! | Tanya Bengkel – PART 1. Lantas, apa indikator bahwa mesin butuh pemeriksaan dan cara antisipasi agar terhindar dari turun mesin? Konten berjudul Jaga Mesin Agar Tetap Prima! Begini Caranya! | Tanya Bengkel – PART 2 akan menjawabnya.

Indikator Mesin Mobil Bermasalah 

Setiap mesin mobil pasti mengeluarkan suara khas saat menyala, dan biasanya sebagai pengguna, AutoFamily paham suara bawaan mesin kendaraan yang biasa digunakan. Namun demikian, jika terdengar suara abnormal seperti suara yang kasar atau aneh yang tidak seperti biasanya, AutoFamily bisa mengeceknya ke bengkel Auto2000. Apalagi kalau ternyata suara tersebut terdengar konsisten dan tidak hilang ketika mesin beroperasi.

Advertisement

Berikutnya adalah suhu mesin. Mesin pasti panas karena adanya proses pembakaran, namun andai dirasakan terlalu panas, AutoFamily dapat memeriksanya ke bengkel Auto2000. Atau AutoFamily dapat pula melihat indikator suhu mesin di panel instrumen pada dashboard mobil. Apabila sudah mendekati garis merah di huruf H, tandanya ada masalah dengan mesin mobil. Jangan ragu untuk membawanya ke  bengkel Auto2000 daripada terlambat dan harus turun mesin yang membutuhkan biaya yang besar.

Berdasarkan keluhan yang pelanggan sampaikan, pihak bengkel Auto2000 akan menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan kondisi mesin mobil. Seperti melakukan pemeriksaan warna oli mesin melalui tongkat pemeriksa ketinggian oli (dipstick). Kalau warnanya seperti kopi susu sebagai tanda tercampur dengan air, itu merupakan indikasi awal adanya masalah di mesin mobil. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk menentukan sumber masalah dan cara mengatasinya.

Antisipasi Supaya Tidak Turun Mesin 

Sederhana saja, AutoFamily hanya perlu membawa mobil ke bengkel Auto2000 secara rutin untuk menjalankan servis berkala. Teknisi Auto2000 akan melakukan pengecekan komponen mesin yang penting dan wajib diperiksa supaya tetap prima. Selain itu, AutoFamily dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, seperti mengecek kondisi oli, baik jumlah ataupun kualitasnya. Volume oli mesin harus berada di antara Low dan High supaya dapat bekerja optimal. Perhatikan pula warna oli mesin, jika warnanya berubah seperti kopi susu, jangan tunda untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000.

Advertisement

Perhatikan pula jumlah air radiator. Bisa dilihat pada tangki cadangan air pendingin mesin yang terletak di samping radiator, di mana jumlahnya harus dalam posisi aman. Periksa pula kondisi radiator dari kebocoran yang bisa membuat mesin overheat. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu sebagai antisipasi masalah. Jangan lupa untuk menjalankan servis berkala setiap 6 bulan sekali, bisa dengan berkunjung ke bengkel Auto2000 atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah. Untuk booking dapat dilakukan melalui Auto2000 Digiroom.

Auto2000 menawarkan program bengkel yang dapat dinikmati melalui Auto2000 Digiroom. Seperti Promo Auto Sehat Serba Hemat dengan opsi diskon jasa dan spare part untuk penggantian 5 komponen penting kendaraan. Ada pula Promo Kupon Servis Toyota dengan pilihan Kupon Ganti Oli atau Kupon General Check Up. Khusus AutoFamily yang memiliki mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau sudah tidak memiliki kuota free servis berkala, dapat memanfaatkan Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan).

“Supaya mesin mobil tetap prima, Auto2000 memberikan tips dan penjelasan di channel youtube sehingga AutoFamily dapat mempelajari sumber masalah, indikator, dan antisipasinya. Yang paling utama, periksa dan pastikan oli mesin dalam kondisi baik untuk menjaga kinerja mesin. Urusan Toyota lebih mudah, lakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali sebagai langkah antisipasi dini serta manfaatkan program promo perawatan mobil Toyota, spesial hanya di Auto2000 Digiroom,” jelas Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Head Auto2000, Selasa (22/3/2022). (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com