Banten24

Pemohon Bikin Paspor Membludak, Imigrasi Serang Buka Layanan Jemput Bola

BISNISBANTEN.COM — Dengan adanya kebijakan pelonggaran dari berbagai sektor membuat pergerakan masyarakat meningkat. Ini juga berimbas pada permohonan pembuatan yang membludak. Kuota yang disiapkan oleh Kantor Imigrasi selalu terpenuhi.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Banten Ujo Sujoto mengungkapkan, pemohon pembuatan paspor  luar biasa membludak, bahkan di beberapa kantor sudah melebihi kapasitas.

“Misalnya  di Tangerang yang biasanya normal 300 orang, sekarang sudah 500. Ini juga termasuk di Serang yang membludak. Pemohon yang lebih membludak terjadi di Jakarta,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, untuk itu, Kantor Wilayah Kemenkum HAM melalui Kantor Imigrasi membuka jalur lain. Ini tentu dalam rangka melayani masyarakat sebaik mungkin. Kantor Imigrasi dua layanan tambahan yakni easy paspor dan paspor simpati. Untuk easy paspor yakni layanan bagi instansi atau perusahaan ingin membuat paspor  bagi pegawai atau karyawan bisa difasilitasi. Pihak imigrasi akan datang pada hari kerja dengan minimum pemohon 30 orang.

“Sementara paspor simpati yakni layanan jemput bola ke berbagai daerah untuk memecah antrean di kantor imigrasi,” katanya.

Ia menambahkan, kedua layanan ini untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor. Jika easy paspor biasanya karyawan sibuk, sementara layanan ini ada di jam kerja. Selain itu, kuota pemohon juga selalu terisi.

“Dengan layanan ini juga bisa mengurangi antrean di kantor imigrasi,” katanya.

Advertisement

Ia menjelaskan, meskipun ada layanan jemput bola, biaya yang dikenakan tetap sama yakni Rp350 ribu untuk paspor biasa dan Rp650 ribu untuk paspor elektronik.

“Walaupun ada layanan jemput bola  tidak ada biaya tambahan, biayanya tetap sama,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, Kemenkum dan HAM harus betul-beul memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Plt Kepala Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang Hattor Tampubolon mengungkapkan, saat ini, pemohon pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Serang mencapai 150-180 orang per hari. Selain melayani pembuatan paspor di kantor, Imigrasi Serang juga membuka layanan jemput bola ke berbagai daerah.

Ia menilai, Peningkatan jumlah pemohon ini seiring dengan meningkatnya pergerakan masyarakat. Selain itu, dengan dibukanya layanan haji dan umrah juga menyebabkan membludak pemohon pembuatan paspor.

Saat ini, Kantor Imigrasi Serang mulai buka pelayanan sekitar pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. Kantor Imigrasi Serang juga memberikan kebijakan bagi pemohon yang menggunakan antran manual terutama masyarakat yang datang dari luar Serang yakni Pandeglang dan Lebak.

“Walaupun kuotanya habis tetap dilayani karena kasihan sudah jauh-jauh datang dari luar Serang. Jadi tetap dilayani,” katanya. (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com