Banten24

Optimalkan Pendapatan Daerah, Bapenda Kabupaten Serang Lakukan Pemutakhiran ZNT

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan sosialisasi pemutakhiran zona nilai tanah (ZNT) kepada pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan kepada wajib pajak (WP) di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bojonegara, Kragilan, dan Kecamatan Kopo. Pemutakhiran ZNT sebagai upaya untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Kepala Bidang Pendataan, Pendaftaran dan Penetapan Bapenda Kabupaten Serang Pandu Pangestu mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk menginfomasikan kepada pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan masyarakat bahwa pada tahun ini akan dilakukan kegiatan analisa ZNT oleh Bapenda dan tenaga ahli dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

“Jadi, nanti akan diperbaharui nilai tanah yang ada di zona-zona di tiga kecamatan. Tahun ini di tiga kecamatan, tahun 2023 lalu di lima kecamatan,” terang Pandu kepada bisnisbanten.com melalui pesan WhatsApp, Senin (10/6/2024).

Advertisement

Kegiatan pemutakhiran ZNT, dijelaskan Pandu, sebagai upaya instansinya untuk mengoptimalkan pendapatan daerah. Kata Pandu, kegiatan pemutakhiran ZNT sudah lama tidak dilakukan.

“Terakhir dilakukan (pemutakhiran ZNT-red) sekitar tahun 1997,” ungkapnya.

Sosialisasi, sambung Pandu, sudah masuk tahapan dan penilaiannya dilakukan dari Mei hingga Oktober. Dikatakan Pandu, semua tanah yang ada di tiga kecamatan tersebut dinilai berdasarkan zonasinya masing-masing, sesuai jenis, peruntukan, dan pemanfaatannya.

“Jadi, antara area industri dengan area perumahan dan area perkampungan masyarakat itu pasti nilainya beda,” jelas mantan ajudan Bupati ini.

Advertisement

Hasil analisa ZNT, lanjut Pandu, biasanya didapatkan hasil nilai tanah yang naik, turun, dan ada yang nilainya tetap. Ke depan, tambah Pandu, pihaknya akan mempunyai data yang realtif akurat sesuai kondisi di lapangan.

“Tahun kemarin kenaikannya bervariasi. Ada yang naik 100 persen, seperti yang tadinya sawah terus sekarang dikuasai industri,” pungkasnya. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013