Ekonomi

Mau Pasang Listrik? Kini Sehari Bisa Langsung Nyala Loh!

BISNISBANTEN.COM — Kebutuhan energi listrik sudah bergeser menjadi kebutuhan yang mendasar pada kehidupan masyarakat saat ini,  hal ini juga berpengaruh besar di sektor usaha. Bahkan di masa pandemi covid 19 selama hampir dua tahun ini, terjadi  peningkatan permintaan kebutuhan kelistrikan yang cukup tinggi di wilayah Propinsi Banten. Hal ini menunjukkan bahwa geliat pertumbuhan ekonomi  mulai nampak dan layak kita syukuri bersama.

Tentu rasa syukur itu harus ditindaklanjuti dengan aksi yang lebih konkrit seperti yang diungkapkan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Banten Donny Adriansyah D, bahwa PLN UID Banten memberikan satu program terobosan yaitu program Same Day Service atau Layanan Sehari Nyala kepada pelanggannya untuk turut mendongkrak geliat ekonomi masyarakat Banten.

“Sesuai dengan semangat transformasi, PLN saat ini terus berinovasi terhadap sistem pelayanan karena pada prinsipnya semakin cepat kami melayani pelanggan maka semakin cepat juga pelanggan menikmati manfaat listriknya dan PLN pun semakin cepat menjual listriknya, untuk itu dari PLN UID Banten menghadirkan program layanan Same Day Service atau ‘Beres Sapoe’ yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan dunia usaha dan bisnis selama Pandemi ini khususnya di wilayah Provinsi Banten,” ungkap Donny.

Advertisement

Program Layanan Same Day Service atau Beres Sapoe ini merupakan layanan pasang baru atau tambah daya yang dilakukan di hari yang sama setelah proses pembayaran dilakukan oleh pelanggan. Beres Sapoe sendiri diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti selesai satu hari. Ini menjadi semangat service culture PLN UID Banten saat ini.

“Kami menargetkan kecepatan pelayanan bagi pelanggan akan diselesaikan dalam kurun waktu satu hari ataupun paling cepat dalam waktu maksimal 3 jam  karena kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan serta memberikan layanan yang lebih mudah, cepat dan efisien”, imbuh Donny.

“Selama periode 01 Januari-31 Agustus  2021 PLN UID Banten berhasil melakukan penyambungan untuk 39.190 pelanggan melalui program layanan Same Day Service-Beres Sapoe baik untuk kebutuhan Pasang Baru (PB) maupun Penambahan Daya (PD) dari jumlah pelanggan yang disambung sebanyak 138.157 pelanggan, sehingga diperoleh rasio sebesar 28,37 %, artinya antusiasme pelanggan untuk menggunakan layanan tersebut begitu besar dan ini yang menjadi semangat motivasi kami untuk senantiasa memberikan mutu dan tingkat layanan terbaik bagi pelanggan ,” tutupnya.

Salah satu pelanggan PLN yang telah menikmati layanan ini adalah PT Menjangan Mas Nusantara yang bergerak di sektor usaha tambak udang berlokasi di Kampung Cibungur,Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.  Permohonan yang diajukan berupa Penyambungan Tambah Daya Tegangan Menengah (TM) dari Daya I3/240 kV menjadi I3/555 kV, PLN UP3 Banten Selatan-ULP Labuan dapat melakukan penyambungan tersebut hanya dalam waktu 1 jam 35 menit  setelah dilakukan pembayaran oleh pelanggan.

Advertisement

Yono Kusnianto, Pengelola Tambak Udang dari PT Menjangan Mas Nusantara, mengucapkan terimakasih atas pelayanan cepat dari PLN UP3 Banten Selatan-ULP Labuan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas pelayanannya same day service 3 jam nyala dari PLN, listrik dari PLN sangat membantu kami dalam hal menjaga dan meningkatkan hasil produksi yang rata-rata dalam waktu satu kali panen mampu menghasilkan 30 ton udang disamping itu kami juga bisa melakukan efisiensi terkait biaya operasional, biaya yang dikeluarkan disaat menggunakan genset dengan Bahan Bakar Minyak (solar)  jauh lebih besar bila dibandingkan membayar tagihan listrik setiap bulannya. Maka dari itu kami sangat puas atas pelayanan yang diberikan PLN,” ungkap Yono.

“Harapan kami kedepan agar PLN tetap optimal dan andal dalam menjaga kelancaran pasokan listriknya untuk terus mendukung suplai kebutuhan listrik para petambak udang sehingga bisnis kami inipun berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi sekitar”, tutup Yono.

Manajer UP3 Banten Selatan, Irwanto Wahyu Kusumo mengajak para pelanggan maupun calon pelanggan untuk bisa menggunakan layanan Same Day Service ini.

“Tentunya layanan Same Day Service – Beres Sapoe ini memberikan peluang baik kepada para pelanggan untuk bisa terus menjaga roda kehidupan, meningkatkan produktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Kami di Unit yang langsung berinteraksi dengan para pelanggan berupaya maksimal guna memastikan kecepatan penanganan serta menjaga keandalan pasokan listrik untuk kepuasan pelanggan, tak hanya itu sebagai perusahaan layanan yang bekerja 24/7 hari, kami juga memastikan personil yang bertugas selalu siaga dan dalam kondisi sehat sehingga dapat bekerja memberikan layanan terbaik di tengah pandemi” ,ujar  Irwanto.

Hal ini semakin mudah dengan hadirnya aplikasi PLN Mobile dengan sajian fitur-fitur layanan yang dapat memanjakan pelanggan dan calon pelanggan PLN diharapkan dapat membantu dan mempermudah seluruh pelanggan dan calon pelanggannya dalam memperoleh kebutuhan listriknya. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com