Ekonomi

Mau Berkurban Tahun Ini? Ini Dia Tips Memilih Hewan Kurban

BISNISBANTEN.COM – Tak terasa, Hari Raya Idul Adha kini sudah kian dekat. Biasanya, Idul Adha juga identik dengan penyembelihan hewan qurban.

Penyembelihan hewan kurban saat Lebaran Haji juga menjadi salah satu cara berbagi rezeki kepada sesama.

Ada pula yang sengaja menyisihkan dana sejak dahulu untuk membeli sapi atau kambing. Apalagi harga kedua hewan ini cenderung meningkat setiap tahunnya.

Advertisement

Nah, bagi Anda yang mau berkurban di tahun ini, ada beberapa tips memilih hewan yang dikutip dari laman resmi baznas.go.id, berikut tipsnya.

Hal yang terpenting ketika hendak membeli hewan ternak untuk qurban ialah memastikan hewan tersebut harus dalam keadaan sehat.

Adapun ciri-ciri hewan ternak yang sehat seperti bulu hewan ternak bersih dan mengkilat, gemuk dan lincah, muka cerah, nafsu makan baik, lubang bersih dan normal, tidak demam, suhu badan normal 37 derajat celcius.

Pastikan juga hewan tidak memiliki kebutaan, Kaki dari hewan tidak pincang
, telinga hewan tidak rusak (Terkecuali bekas Eartag atau penanda lainnya, berdasarkan kesepakatan ulama dianggap sehat dan sah), jantan yang tidak dikebiri atau dikastrasi dan testis dari hewan tersebut masih lengkap (2 buah), bentuk dan letaknya simetris.

Advertisement

Untuk memastikan hewan kurban tersebut sehat. Pastikanlah kesehatan hewan kurban dengan menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan.

Selanjutnya, hewan kurban yang akan disembelih memiliki persyaratan yang berbeda. Kambing dan domba dikatakan memenuhi kriteria hewan kurban setelah minimal berumur 1 tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Sementara itu, untuk sapi ataupun kerbau minimal berumur 2 tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Walaupun tidak diwajibkan, masyarakat yang hendak berkurban dianjurkan untuk menyembelih hewan jantan agar hewan betina tetap bisa menjaga populasi dan menyuplai kebutuhan daging dari hewan tersebut.

Nah, itu dia tipsnya semoga bermanfaat. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA