Banten24

Maksimalkan Pembangunan Daerah, Pemkab Serang Bermitra dengan Tiga Perguruan Tinggi Ini

 

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang maksimalkan kemitraan dengan Perguruan Tinggi. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pembangunan daerah di Kabupaten Serang. Ada tiga Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan Pemkab Serang, yakni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan yang terbaru dengan Universitas Katolik Parahiyang (Unpar) Bandung.

Kerja sama antara Pemkab Serang dengan Untirta dalam bentuk pendidikan vokasi, setara diploma satu bagi mahasiswa asal Kabupaten Serang dengan jurusan Ilmu Kimia. Mahasiswa yang lulus, nantinya akan langsung diserap oleh PT Kratau Steel (KS).

Advertisement

“Dengan Untirta pula, Pemkab Serang mendukung pembentukan Fakultas Kedokteran dengan menyerahkan Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Serang,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Kemudian, dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa asal Kabupaten Serang yang setara dengan diploma tiga (D-3), dan kerja sama lainnya, dimulai dengan penelitian, pendampingan program, hingga pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, kerja sama dengan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) ini dilatarbelakangi kebijakan otonomi daerah memberikan tanggung jawab dan beban kerja yang jauh lebih berat kepada Pemda Serang. Pemda Serang dihadapkan dengan permasalahan klasik, yakni terbatasnya kualitas dan kuantitas sumber daya dalam anggaran, sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana.

“Salah satu strategi yang dapat ditempuh yakni dengan mengembangkan pola-pola partisipasi, kerja sama dan kemitraan,” katanya. (SYF/NUA)

Advertisement

Penulis : Syfa Fauziyah
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com