Banten24

Mahasiswa STIE Prima Graha Temukan Jenis UMKM Baru, Apa Itu?

 

BISNISBANTEN.COM — Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prima Graha berhasil membuat jenis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru dalam bentuk makanan ringan, salah satunya keripik kulit tangkis dan nuget dari daging bebek.

Mahasiswa tersebut membuat jenis UMKM baru karena sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) bersama warga melalui program pemberdayaan masyarakat Kabupaten Serang. Kulit tangkil tersebut dibuat dengan bagan kulot tangkil yang diiris kecil kemudian dikeringkan. Rasanya pedas dan gurih. Seperti jenis makanan yang biasa dipasarkan secara luas.

Advertisement

Ketua STIE Prima Graha Haerofiatna mengatakan, jenis UMKM yang berhasil dibuat oleh para peserta KKN tersebut akan terus dikembangkan dan dipasarkan secara luas.

“Alhamdulillah saya bangga dengan adanya penemuan baru jenis UMKM ini, kota akan terus kembangkan hingga dikenal masyarakat secara luas,” ujarnya, usai menghadiri penutupan KKN STIE Prima Graha, di Halaman Pendopo Bupati Serang, Minggu (26/8).

Jika kedua jenis UMKM baru sudah dikenal masyarakat luas, kata dia, Mak akan mudah untuk dipasarkan. Pihaknya menargetkan bisa menjual produk tersebut di Alfamart dan Indomart. Tentunya dengan memperbaiki kualitas produk dan mengurus syarat-syarat untuk bisa diterima di waralaba yang ditargetkan.

Bukan hanya itu, STIE Prima Graha juga mendorong untuk jenis UMKM lain yang ada di Kabupaten Serang untuk bisa dipasarkan secara luas. “Bukan hanya dua jenis UMKM baru ini saja, kami juga bakal dukung untuk mempermudah pasarkan semua jenis UMKM,” tambahnya.

Advertisement

Sementara itu, Kampus STIE Prima Graha merupakan kampus yang mengedepankan program KKN yang bisa mendorong pemberdayaan masyarakat khususnya dalam bidang UMKM.

“Karena di Kabupaten Serang ini kan banyak jenis UMKM. Maka dari itu, kami tugaskan para peserta KKN di Kabupaten Serang untuk bisa mendorong kemajuan UMKM,” katanya. (SYF)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com