Banten24

Lepas Ribuan Mahasiswa KKM UNIBA, Bupati Serang: Bantu Program Pemkab di Masyarakat

BISNISBANTEN.COM – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas 1.500 mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) di Kampus UNIBA, Pakupatan, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (18/7/2022). Sebanyak 800 mahasiswa KKM di antaranya akan ditempatkan di sepuluh kecamatan Kabupaten Serang, dimana mereka diminta untuk dapat membantu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di masyarakat.

Acara pelepasan mahasiswa KKM dihadiri langsung Rektor UNIBA Furtasan Ali Yusuf dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya.

Tatu menyambut baik KKM Mahasiswa UNIBA di wilayahnya. Tatu mengaku sebelumnya sudah melepas KKM mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang merupakan kerja sama Pemkab Serang dengan perguruan tinggi.

Advertisement

Menurut Tatu, KKM mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu program Pemkab Serang untuk masyarakat.

“Kami membutuhkan perguruan tinggi untuk membantu program kami di masyarakat,” ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Kata Tatu, program KKM mahasiswa UNIBA akan disinergikan dengan program yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Serang.

“Nanti sebelum mereka terjun ke lapangan ada pembekalan dulu dari dinas,” tandas bupati dua periode ini.

Advertisement

Di tempat yang sama, Rektor UNIBA Furtasan Ali Yusuf mengungkapkan, ada 1.500 mahasiswa yang mengikuti KKM, dimana 800 mahasiswa di antaranya ditempatkan di sepuluh kecamatan Kabupaten Serang. Dijelaskan Furtasan, alasan banyaknya mahasiswanya yang ditempatkan di Kabupaten Serang karena wilayah pedesaan.

“Karena di Kabupaten Serang banyak wilayah pedesaan, jadi sangat cocok untuk karakteristik pengabdian,” terangnya.

Kata Furtsan, mahasiswa KKM akan diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat di desa. Terutama untuk sosialisasi kesehatan, seperti menekan angka stunting serta angka kematian ibu dan bayi. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com