Banten24

Kunjungi Pasien Kusta, Pemkot Serang komitmen Tuntaskan Kusta di Kota Serang

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang kembali tinjau masyarakat yang terjangkit penyakit Kusta di dua wilayah berbeda di Kota Serang.

Dua wilayah tersebut diantaranya, lingkungan Kelurahan Bendung Kecamatan Kasemen dan lingkungan Kelurahan Lialang Kecamatan Taktakan Kota Serang, Rabu (12/06/2024).

Kepala UPT Puskesmas Kilasah dr. Murni Diasfara mengatakan bahwa pasien yang terjangkit kusta dilingkungan kelurahan bendung tersebut sudah cukup lama dari tahun 2015 lamanya,

Advertisement

Namun saat dilakukannya pengobatan sudah terbilang terlambat karena sudah mengalami komplikasi pada beberapa area luka.

“Bapak ini kasus kusta tapi sudah lama sekitar 2015, bapak ini diobatin hanya saja waktu berobat itu sudah terlambat jadi, sudah ada komplikasi. Sehingga, untuk tangan tidak bisa kembali lagi seperti semula. Kalau misalnya yang lain-lain bisa dicegah” ucap dr. Murni usai meninjau pasien Kusta.

Menambahkan hal serupa, Kepala dinas Kesehatan Kota Serang dr. Ahmad Hasanuddin menyampaikan, bahwa pasien yang mengalami penyakit Kusta di Kota Serang khususnya ini merupakan benerapa pasien yang sudah diobati sebelumnya atau sedang mengalami pengobatan lanjut.

Advertisement

“tapi saya sampaikan kusta yang ada di sini adalah kusta yang sudah diobatin, memang proses pengobatannya tidak cepat bukan sehari atau dua hari, tapi memang 6 bulan ada juga yang 1 tahun” Ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang.

Menanggapi hal serupa, Pj Walikota Serang menjelaskan bahwa beberapa pasien Kusta yang ada di Wilayah Kota Serang sudah mendapat pengobatan beberapa tahun kebelakang.

“Pasien ini sudah dibawa ke puskesmas dan rumah sakit sekarang dinyatakan Negatif dan sembuh” ucap Pj Walikota Serang.(dik)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com