Banten24

Kabupaten Serang Borong 9 Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting dan Pelayanan KB dari BKKBN

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sukses memborong sembilan dari 12 kategori penghargaan terkait percepatan penurunan kasus Stunting dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) terbaik dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Banten.

Dimulai dari penghargaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 serta Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 yang diberikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina didampingi Kepala Perwakilan BKKN Banten Rusman Efendi kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Hotel Horison Ultima Ratu Serang pada 21 Mei 2024. Sembilan piagam penghargaan atas Apresiasi Pencapaian Terbaik Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 itu, meliputi penghargaan terbaik ke-I kategori kabupaten/kota dengan penurunan angka stunting prevalensi stunting tertinggi, terbaik ke-I kategori kabupaten/kota dengan pendampingan keluarga berisiko stunting di Elsimil tertinggi, dan terbaik ke-I kategori kabupaten/kota dengan penyelenggaraan mini lokakarya terbaik.

Dilanjut piagam penghargaan terbaik ke- II kategori kabupaten/kota dengan pembentukan tim koordinasi kampung KB tercepat, Terbaik ke-II kategori kabupaten/kota dengan penyelenggaraan audit kasus stunting terbaik, dan terbaik ke-II kategori kabupaten/kota dengan capaian DAK Sub Bidang KB Fisik Tahun Anggaran 2023 – DAK Non Fisik (BOKB). Kemudian, piagam penghargaan terbaik ke-III kategori kabupaten/kota dengan capaian PA MKJP, terbaik ke-III kategori kabupaten/kota dengan pembentukan rumah data kependudukan di seluruh desa/kelurahan. Terakhir, terbaik ke-III kategori kabupaten/kota dengan realisasi anggaran DAK BOKB tagging stunting tertinggi.

Advertisement

Selain penghargaan, Bupati Serang juga menerima bantuan anggaran DAK Sub Bidang KB pada Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp15.046.783.000 secara simbolis.

Tatu bersyukur atas piagam penghargaan yang diterima dari BKKBN Perwakilan Provinsi Banten, dimana Kabupaten Serang dari 12 kategori yang di nilai oleh BKKBN Provinsi Banten mendapatkan 9 penghargaan.

”Penghargaan untuk peringkat satunya ada 3 penghargaan, lainnya ada di peringkat 2 dan 3,”ungkapnya.

Kata Tatu, penurunan stunting menjadi program prioritas nasional dan untuk pelaksanaannya di tingkat provinsi dan terutama di kabupaten/kota. Di Kabupaten Serang pada 2019, disebutkan Tatu, angka stunting tinggi dengan persentasi 37 persen mengalami penurunan signifikan menjadi 23 persen.

Advertisement

”Penurunan yang tertinggi itu dari 2019 ke-2020. Mudah-mudahan bisa mencapai target nasional di 14 persen, diharap bisa di bawah 14 persen,” harapnya..

Tatu mengungkapkan, persoalan stunting perlu ditangani untuk menyiapkan generasi mendatang, generasi yang sehat secara fisik, generasi yang sehat dan cerdas. Persoalan yang menjadi penyebab stunting, menurut Tatu, tidak hanya mengobati, melainkan menjaga lebih penting.

”Jadi, sejak calon ibu, misalnya tidak boleh darahnya rendah. Kemudian juga, sedang hamil pemeriksaan ke Posyandu, Pos KB. Lalu, makanan bergizi, makanan yang sehat sampai bayi lahir hingga usia 2 tahun,” jelasnya.

Oleh karenanya, menurut Tatu, penanganan stunting perlu terus dipantau oleh pemerintah dengan seluruh jajaran. Khususnya di Kabupaten Serang, ditegaskan Tatu, kerja untuk menurunkan angka stunting tidak sendirian.

“Pemerintah dibantu oleh berbagai komponen masyarakat untuk menurunkan stunting ini,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Encup Suplikhah mengatakan, raihan penghargaan merupakan capaian dengan dukungan penuh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah atas kinerja DKBP3A dan OPD terkait.

“Mudah-mudahan tahun 2024 ini Kabupaten Serang bisa mengejar target nasional penuruan stunting sebesar 14 persen, mohon doa dan bantuannya,” ujar Encup. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013