Mobil

Ini Risiko Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil Meskipun Cuma Sebentar

BISNISBANTEN.COM — Dengan alasan “cuma sebentar”, ada orang tua yang meninggalkan anaknya sendirian di dalam mobil. Meskipun terlihat tidak ada masalah, jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan orang dewasa di dalam mobil. Beberapa hal buruk dapat terjadi, bahkan berujung pada peristiwa tragis kalau AutoFamily tetap memaksakannya. Supaya dapat terhindar, berikut beberapa alasan AutoFamily tidak boleh meninggalkan anak sendirian di dalam mobil.

1. Dehidrasi dan Kesulitan Bernapas 

Dengan alasan keamanan, orang tua akan meninggalkan buah hatinya di dalam mobil dengan kaca tertutup dan pintu terkunci. Kondisi ini sangat berbahaya kalau dilakukan saat cuaca di luar panas karena anak akan merasa kepanasan dan memicu dehidrasi. Yang tidak kalah penting, karena berada di ruang tertutup, anak juga akan mengalami kesulitan bernapas. Semakin menyulitkan jika anak merasa gelisah karena ditinggal sendirian.

Advertisement

2. Keracunan Gas Buang Mobil 

Orang tua akan menyalakan pendingin ruang atau AC agar kabin mobil tetap sejuk. Masalah baru adalah, anak bisa keracunan gas buang kendaraan Carbon Monoksida (CO) yang tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau. Gejala keracunan gas ini sulit disadari, seperti badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada dan seperti berhalusinasi. Hanya berlangsung beberapa menit, korban akan pingsan bahkan sering berakibat fatal.

3. Bermain dengan Fitur Mobil 

Hal lain yang dikhawatirkan dari meninggalkan anak di dalam mobil adalah keinginan mereka untuk bermain dengan fitur yang ada di dalam mobil. Sangat berbahaya jika anak bermain dengan power window, bahkan kalau sampai berhasil memindahkan tuas transmisi dan menginjak pedal gas padahal mesin mobil dinyalakan karena AC harus beroperasi.

Advertisement

4. Resiko adanya kejahatan 

Buah hati yang ditinggal sendirian di dalam mobil sangat rawan menjadi korban kejahatan. Seperti orang lain yang melihat potensi untuk mengambil barang berharga di dalam mobil, bahkan mobil itu sendiri yang dicuri. Kalau sudah begini, niat awal hanya ingin praktis dan tidak repot, malah akan menimbulkan masalah baru.

Untuk memastikan anak selalu merasa nyaman saat diajak pergi menggunakan mobil, selalu rawat mobil AutoFamily dengan  servis berkala 6 bulan sekali di bengkel Auto2000. Urusan Toyota lebih mudah, segera manfaatkan Promo Auto Sehat Serba Hemat dengan opsi diskon jasa dan part.

Khusus untuk AutoFamily yang memiliki mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau sudah tidak memiliki kuota free service, dapat memanfaatkan Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan). Ada pula Promo Kupon Servis Toyota dengan pilihan Kupon Ganti Oli dengan diskon 10% untuk penggantian oli TMO Synthetic 10W-40SN kemasan 1 Liter dan Toyota Oil filter. Atau Kupon General Check Up untuk pemeriksaan di lebih dari 40 titik pengerjaan dengan biaya hanya Rp 80 ribu. Silakan booking via Auto2000 Digiroom untuk memanfaatkannya.

“Dengan alasan apapun, jangan pernah meninggalkan anak kesayangan di dalam mobil tanpa penjagaan orang dewasa. Lindungi buah hati Anda dan pastikan  selalu merasa nyaman sebagai penumpang di dalam mobil. Pastikan kondisi mobil dengan rutin melaksanakan servis berkala di bengkel Auto2000 terdekat atau memanggil petugas THS Auto2000 Home Service ke rumah. Lebih nyaman dan aman dengan mobil Toyota yang prima,” terang Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000, Senin (7/3/2022). (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com