Info Bisnis

Ini Respons Leasing Terkait Uang Muka Kendaraan Nol Persen

BISNISBANTEN.COM — Bank Indonesia memberikan relaksasi terkait uang muka kendaraan yang bisa sampai nol persen. Dengan begini, konsumen bisa membeli kendaraan tanpa harus keluar uang muka. Ini tanggapan sejumlah lembaga pembiayaan atau leasing terkait rencana yang uang muka nol persen tersebut.

Kepala MTF Cilegon Dwi Asmoro mengungkapkan, kebijakan relaksasi ini masih digodok di kantor pusat sehingga belum ada instruksi apa-apa untuk di cabang. Dengan begini, belum ada instruksi apapun terkait kebijakan tersebut.
“Apakah akan diakomodir atau tidak. Kalaupun diakomodir hanya konsumen tertentu saja yang memiliki historis bagus atau sebelumnya punya kredit di MTF,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan, Kepala BCA Finance Cabang Cilegon Dwi Purwanto mengungkapkan, keputusan uang muka nol persen masih menunggu keputusan pusat untuk teknis pelaksanaannya seperti apa. Dalam memberikan pembiayaan BCA Finance mengikuti acuan SILK OJK apakah bisa diberikan nol persen atau tidak.
“Kalau hasil survei dan analisanya bagus, mungkin kita bisa diberikan tapi tergantung dari keputusan dari manajemen pusat,” katanya.

Advertisement

Hal senada juga diungkapkan, Kepala Cabang Dipo Star Finance Derry. Terkait uang muka nol persen, Dipo Star Finance masih menunggu arahan dari kantor pusat. “Karena belum ada informasi apapun hingga saat ini.

Ia khawatir keberadaan uang muka nol persen ini akan dimanfaatkan sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab. Mengingat kendaraan yang menggunakan DP saja banyak dimanfaatkan, apalagi yang tidak.
“Apalagi di Banten, banyak konsumen yang nakal,” katanya.

Menurutnya, uang muka nol persen ini juga bisa memberatkan konsumen karena cicilan kendaraan akan menjadi mahal. “Mungkin akan benar-benar di screening,” tuturnya. (susi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com