Banten24

Imigrasi Serang Gelar Sosialisasi Izin Tinggal Keimigrasian

BISNISBANTEN.COM — Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang menggelar sosialisasi tentang Izin Tinggal Keimigrasian (ITK) yang berlangsung di Aston Anyer Beach Hotel, Selasa (21/6). Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkum dan HAM Provinsi Banten Ujo Sujoto, Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang Hattor Tampubolon, Kepala Seksi TJKIM Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang Yusup Rinjani, dan lainnya.

Kasi TJKIM Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang Yusup Rinjani mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari perusahaan yang memiliki pekerja asing. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi tentang izin tinggal yang terbaru.

Advertisement

“Ini tentang sosialisasi peraturan terbaru tinggal keimigrasian yang perlu diketahui,” katanya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkum dan HAM Provinsi Banten Ujo Sujoto mengungkapkan,
Sosialisasi izin tinggal keimigrasian ini merupakan hal yang penting karena setelah dua tahun terakhir ini didera segala keterbatasan baik pergerakkan orang dan usaha.

“Saat ini, Kemenkumham mulai bergerak untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ini dibuktikan dengan beberapa pintu masuk mengeluarkan kebijakan seperti bebas visa, cukup vaksin saja. Saat ini, perekonomian Bali pulih dan Batam juga bergerak usahanya.
Kedepan perlu kebijakan baru mengenai izin tinggal karena sebentar lagi akan kebijakan tinggal izin dan visa,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, ada empat fungsi keimigrasian antara lain pelayanan, pengawasan, peneggak hukum, dan fasilitator untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, di Banten cukup banyak warga asing dan sosialisasi ini bisa dipahami oleh perusahaan yang memiliki karyawan asing.

“Perusahaan sebagai penjamin tahu tentang kebijakan antara regulasi terkait keimigrasian sehingga tidak adalagi pelanggaran-pelanggaran. Kemenkum HAM Banten siap membantu siapapun yang bersangkutan dengan orang asing,” katanya.

Isi Kebijakan Izin Tinggal Keimigrasian sesuai dengan Surat Edaran Imigrasi Nomor IMI 0093.KU.0103 Tahun 2022. Sosialisasi ini disampaikan Kepala Seksi Izin Tinggal Negara Tertentu Dirjen Keimigrasian Ragil Putra Dewa.

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang Hattor Tampubolon merasa senang dan memberikan apresiasi kepada peserta. Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang siap menerima masukan dari penjamin dan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com