Banten24Ekonomi

Hari Ini, Pameran Karya Kreatif Banten 2022 yang Digelar Bank Indonesia Dimulai

BISNISBANTEN.COM — Hari ini, Pameran Karya Kreatif Banten 2022 yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten di Summarecon Mall Serpong Tangerang dimulai. Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari yakni pada Jumat – Minggu (20-22/5) dengan beragam produk.

Pameran ini akan diikuti sekitar 80 UMKM yang telah lolos kurasi dan terdiri dari fashion, kriya, dan kuliner. Selain pameran, ada beragam acara yang dihadirkan untuk memeriahkan kegiatan tersebut seperti fashion, kue jojorong berbentuk menara yang akan masuk rekor MURI dengan jumlah terbanyak dan berbentuk unik.

Adapula sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah, talkshow, battle racik kopi, idol bankers, Launching Pasar dan Mall SIAP QRIS, dan hiburan dari artis nasional.

Advertisement

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengungkapkan, BI Banten bersinergi dengan Pemprov Banten menggadakan Expo Karya Kreatif Banten 2022 yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong Tangerang pada akhir pekan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi para UMKM agar bisa memperkenalkan produk unggulannya kepada masyarakat luas. Selain itu, juga mendukung program dari pemerintah Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

“Dengan program ini, UMKM unggulan dari Banten bisa memperkenalkan produknya dan meningkatkan penjualan baik tingkat nasional dan ekspor,” katanya.

Menurutnya, akan ada sekitar 80 UMKM dari berbagai kabupaten kota yang telah lolos seleksi atau kurasi produk yang akan mengikuti pameran selama tiga hari tersebut.

“Ada fashion, kriya, dan kuliner,” katanya.

Advertisement

Selama tiga hari ini, BI Banten menargetkan penjualan produk UMKM sebesar Rp6 miliar lebih atau meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,7 miliar.

Selain pameran produk UMKM, ada sejumlah acara yang akan memeriahkan pameran tersebut antara lain fashion, idol bankers, lomba foto, bussiness macthing, talkshow tentang digitalisasi, dan lainnya. BI Banten juga akan menampilkan showcase tenun Banten dan Gerabah.

“Walaupun hanya 80 UMKM yang ikit pameran, tetapi UMKM lain bisa datang ke acara untuk mengetahui lebih detail bagaimana cara mengembangkan UMKM, mengakses pembiayaan, proses perizinan, dan lainnya,” katanya.

Pameran sendiri akan dibuka pada Jumat sekitar pukul 15.30 WIB yang akan diisi dengan fashion dari istri para pejabat se-Provinsi Banten dan istri para kepala perbankan di Banten. Selain itu, BI Banten akan memperkenalkan kudapan khas Banten Jejorong dengan jumlah sebanyak 1.800 dan tinggi sekitar 2 meter. Kue jejorong yang akan dirancang seperti menara Banten tersebut akan masuk rekor MURI dengan kategori terunik dan jumlah terbanyak.

Ia berharap, lewat pameran ini, bukan hanya produk yang terjual, tapi para UMKM lain yang tidak terlibat bisa belajar lewat pameran tersebut. Selain itu, para UMKM bisa naik kelas dan berkembang.

Kepala Tim Ekonomi Moneter KPw BI Banten Purwanto mengungkapkan, sebelum KKB ini berlangsung ada sekitar 500 UMKM yang dikurasi. Setelah itu, ada 80 UMKM premium yang terpilih dan lolos untuk mengikuti pameran. Bagi masyarakat yang tidak bisa berbelanja langsung ke lokasi pameran bisa online melalui beragam marketplace seperti Blibli.com, Tokopedia, Plaza Banten, Bukalapak, dan lainnya.

“Walaupun pamerannya hanya berlangsung tiga hari, tetapi masyarakat bisa tetap berbelanja dan akan ada promo hingga 30 Juni 2022 mendatang,” katanya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com