Banten24

Gadis Belia Asal Serang Machika Evaluna Raih Prestasi Ajang Indonesia’s Girls 2024

BISNISBANTEN.COM – Machika Evaluna, gadis belia berusia 12 tahun asal Kota Serang mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.
Gadis yang akrab disapa Chika kelahiran Kota Serang 11 November 2011 ini sukses meraih 3rd Runner up dari 28 finalis dari seluruh Indonesia pada ajang pencarian bakat model bertajuk Indonesia’s Girls Junior 2024 di Yello Hotel Harmoni Jakarta pada 7 Juli 2024 lalu.

Prestasi yang diraih Chika ternyata bukan kali pertama. Lulusan SDS Evfia Land School yang kini telah diterima di SMP Global Indonesia School tersebut memiliki sederet prestasi lainnya padw bidang modeling. Di antaranya juara 1 ajang Pesona Batik Banten 2022 dan menjadi Ikon Pesona Batik Nusantara 2023 Plormanagement. Chika baru pertama mengikuti ajang Indonesia’s Girls Junior 2024 dan langsung sukses meraih juara pada ajang tingkat nasional tersebut.

“Itu se-Indonesia tingkat nasional, pesertanya ada 28 dari semua provinsi,” ungkap Chika.

Advertisement

Alasan Chika terjun ke dunia modeling lantaran merasa modeling bakatnya, selain alasan suka, sehingga bakatnya diasah terus menerus.

“Dari umur 7 tahun udah suka modeling, sudah banyak banget dapat juara,” akunya.

Selain meraih prestasi pada bidang modeling, Chika juga mengaku sempat terjun pada bidang perfilman dan ikut beradu akting dalam sejumlah film. Di antaranya film Dul Muluk Dul Malik di Palembang, Film Dewa Dewi di Bekasi, dan Ghost Booster di Jakarta. Untuk mengasah bakatnya tersebut, Chika juga mengaku tergabung di salah satu klub modeling di Jakarta untuk mendapat pengarahan dan pelatihan, mulai dilatih modelling, akting dan juga dance. Chika mengaku senang bergelut di duni modeling dan akting, karena menjadi kemauan sendiri, selain mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya.

“Ini kemauan saya sendiri, mama mendukung terus,” tegasnya.

Advertisement

Putri kedua pasangan Yana Rosdiana dan Djoko Purnomo ini berharap bisa menjadi model dan artis ternama suatu hari nanti dan dapat mengharumkan nama Kota Serang dan Banten ke tingkat nasional. Ternyata, kesuksesan Machika Evaluna dalam meraih prestasi pada level nasional terdengar ke telinga politikus PKS Nur Agis Aulia. Bahkan, Bakal Calon Walikota Serang itu datang langsung ke rumah keluarga besar Machika di Cimuncang, Kota Serang sebagai bentuk dukungan dan memberikan motivasi atas prestasinya.

“Memang kita harus mendukung mensuport anak muda yang memiliki prestasi. Makanya, kita nanti akan coba buatkan namanya rumah prestasi,” ujar Agis.

Ditegaskan Agis, semua warga Kota Serang yang meraih prestasi akan diberi apresiasi dan didorong untuk menjadi teladan dan inspirasi bagi anak muda lainnya.

“Ini harus jadi konsen, selain apresiasi, kita juga harus benar-benar mendorong mereka jadi inspirasi buat yang lainnya,” terangnya.

Apresiasi yang dimaksud, disebutkan Agis, bisa berupa beasiswa atau difasilitasi masuk ke sekolah yang diinginkan supaya betul betul peraih prestasi merasa terapresiasi. Agis pun memuji kedua orangtua Machika yang dinilai luar biasa mendidik anaknya menjadi sukses.

“Itu bisa diceritakan nantinya, dan jadi teladan bagaimana mendidik anaknya agar punya prestasi. Ini jarang dan luar biasa mantap,” pujinya. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013