Banten24

Dukung Perkembangan Pariwisata, Pemkab Serang Tingkatkan Keterampilan Barista

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memberikan pelatihan dan uji kompetensi kepada barista ekonomi kreatif yang tersebar di Kabupaten Serang selama tiga hari, mulai 1 sampai 3 Juli 2024 di Alissa Resort Anyer Kecamatan Anyer. Pelatihan Barista bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam rangka mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Serang.

Demikian disampaikan Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya dalam keterangan tertulis yang disampaikan melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, kemarin.

Anas mengatakan, pelatihan sebagai upaya untuk mendukung peningkatan keterampilan yang dimiliki para Barista, serta sertifikat kompetensi di bidang Barista.

Advertisement

“Pelatihan ini untuk mendukung perkembangan pariwisata dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat tentunya,” terang Anas.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Sumber Daya Manusia Bidang Pemasaran Disporapar Kabupaten Serang Muhamad Jumadi menjelaskan, Barista sebutan bagi orang yang mempunyai keahlian khusus untuk membuat dan menyajikan minuman berbasis espresso, yakni jenis minuman kopi yang diekstraksi memakai mesin khusus (mesin espresso). Jumadi menambahkan, pelatihan dilakukan untuk menambah wawasan, pengalaman dan ilmu pengetahuan di bidang Barista. Terkait uji kompetensi, sambung Jumadi, sebagai proses penilaian atau mengukur dan memastikan kompetensi seseorang dalam bidang tertentu, dalam hal ini pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di bidang Barista. Selain itu juga, lanjut Jumadi, pelatihan juga untuk menentukan apakah seseorang Barista kompeten atau belum pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.

Jumadi juga menyebutkan, peserta yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi sebanyak 20 Barista dari beberapa kecamatan di Kabupaten Serang dan berlangsung selama tiga hari. Untuk narasumber pelatihan, disebutkan Jumadi, yakni dari LPK Mega Job Bekasi dan penguji kompetensi asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nusantara Bekasi.(Nizar)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013