Perbankan

Dukung Ketahanan Pangan, BI Banten Berkolaborasi Sosialisasi Pelatihan Budidaya Cabai Merah

BISNISBANTEN.COM – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi melakukan kegiatan sosialisasi pelatihan budidaya cabai merah dengan menggunakan teknologi produksi lipat ganda (PROLIGA).

Kegiatan kolaborasi ini merupakan dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas cabai merah dan mendukung peningkatan produktivitas ketahanan pangan.

Advertisement

Adapun kegiatan sosialisasi ini telah dilakukan dengan berkolaborasi Kelompok Tani Sinar Tani di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang.

Dalam kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan sebagai kegiatan hasil koordinasi intensif antara Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang serta BPSIP Banten.

Pada pelatihan budidaya cabai ini ada yang berbeda dan menarik tentunya. Dengan menggunakan teknologi PROLIGA ini mensinergikan lima komponen teknologi.

Advertisement

Komponen tersebut meliputi pemuliaan varietas unggul, pembibitan yang sehat, kemudian peningkatan populasi tanaman, pengelolaan dan pemupukan tanah, dan pengendalian hama tanaman.

“Sehingga diharapkan akan ada kampung cabai, kampung bawang dan kampung horti lainnya dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas komoditas klaster ketahanan pangan yang pada akhirnya akan mendukung dalam upaya pengendalian inflasi daerah. Semoga tercapai ya,” begitu seperti dikutip dari laman Instagram resmi Bank Indonesia Provinsi Banten pada Senin, (20/2/2023). (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA