Banten24

Dishub Kabupaten Serang Respons Cepat Laporan PJU Rusak dari Masyarakat

BISNISBANTEN.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang di bawah komando Tarkul Wasyit, S.IP, M.Si sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas sedang gencar melaksanakan program pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menjadi prioritas.

Pada 2021, Dishub Kabupaten Serang sudah melakukan perbaikan sebanyak 840 unit PJU. Sementara 2022 ini, terdata baru ada 210 PJU yang harus diperbaiki berdasarkan laporan dari masyarakat dan hasil pengecekan rutin petugas Dishub dengan berbagai kendala, mulai dari tiang jatuh, kabel ngumpat, hingga lampu mati.

“Semua kita respons cepat begitu ada laporan (tindak-lanjut laporan-red),” tegas Tarkul kepada di ruang kerjanya.

Advertisement

Namun demikian, diakui Tarkul, saat ini terdapat berbagai kendala teknis di lapangan. Salah satunya kebutuhan pembangunan dan pemeliharaan PJU tidak sebanding dengan anggaran yang ada. Namun, ketika ada laporan, tim Teknis Dishub Kabupaten Serang langsung terjun ke lapangan melakukan pengecekan PJU yang rusak sesuai laporan.

“Kalau seandainya kerusakan PJU hanya panel, kita langsung perbaiki. Tapi kalau sudah soal spare part, ya kita langsung sampaikan ke pimpinan. Dengan keterbatasan anggaran, sementara kita pilah prioritas penanganan. Ketika sudah ada anggaran, nanti kita langsung tindak lanjuti,” tuturnya.

Advertisement

Tahun ini, Dishub Kabupaten Serang mempunyai program pengadaan spare part, hanya belum bisa dikerjakan lantaran anggaran belum tersedia. Pasalnya, pengadaan spare part membutuhkan biaya cukup besar, seperti pengadaan mcb nilainya bisa mencapai sekira Rp200 juta. Program lainnya yaitu pembangunan dan pemeliharaan PJU.

“Rencana, kalau tidak ada refocusing lagi ada 42 lokasi dari 336 titik (pembangunan dan pemeliharaan PJU-red) tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Disebutkan Tarkul, total PJU yang ada di wilayah Kabupaten Serang mencapai 11 ribu unit. Untuk sementara, upaya Dishub Kabupaten Serang menerima keluhan keluhan masyarakat, yaitu dengan pemberian stiker di setiap desa, serta menyampaikan kepada para pejabat wakil rakyat di daerahnya agar semua bentuk laporan bisa menghubungi (0254) 281123 atau WhatsApp (WA) ke nomor 0813 8108 1715 untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh jajaran Dishub Kabupaten Serang. (adv)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com