Banten24

Diresmikan Bupati Serang, Gedung Kantor Desa Kareo Jawilan Jadi Percontohan

BISNISBANTEN.COM – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan gedung baru Kantor Desa Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang di Jalan Raya Cikande-Rangkasbitung, Kampung/Desa Kareo, Kecamatan Jawilan, Selasa (22/11/2022). Gedung yang dibangun secara swadaya itu pun dijadikan percontohan untuk desa lain di Kabupaten Serang.

Peresmian gedung kantor baru Desa Kareo tersebut, dihadiri Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Aep Saefulloh, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Serang Munati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Haryadi, Camat Jawilan Deni Firdaus, unsur Pimpinan Kecamatan Jawilan, Kepala Desa Kareo Kusjani, para kelala desa se-Kecamatan Jawilan, ibu-ibu PKK se-Kecamatan Jawilan, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Acara diawali penyambutan bupati dengan seni upacara adat tradisional, disusul sambutan-sambutan. Lalu prosesi pengguntingan pita, pemotongan tumpeng, hingga peninjauan kantor. Bangunan gedung kantor baru bercat putih itu sangat megah, ditambah banyaknya pilar berukuran jumbo menambah nuansa elegan bangunan kantor desa tersebut.

Advertisement

Tatu pun mengapresiasi Kepala Desa Koreo, masyarakat, dan pihak industri yang membantu pembangunan Gedung Kantor Desa Kareo di tengah kondisi Pemda Serang yang kesulitan membangun kantor desa karena keuangan yang belum pulih 100 persen pasca pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, ternyata Kades Kareo punya inovasi, punya kepedulian, punya semangat yang luar biasa,” ucap Tatu.

“Ternyata bisa (kantor desa-red) dibangun, harusnya ini bisa dilakukan oleh kepala desa-kepala desa lainnya. Pak kades, coba berbagi pengalaman dengan kepala desa lain yang ada di wilayah sekitar industri di Kabupaten Serang,”imbuh politisi Partai Golkar ini.

Advertisement

Disebutkan Tatu, di Kabupaten Seranb beberapa kecamatan merupakan wilayah industri, di antaranya Kecamatan Jawilan, Kopo, Kragilan, Kibin, Cikande, dan Kecamatan Ciruas. Dengan dibangunnya Kantor Desa Kareo, menurut Tatu, menjadi sebuah inovasi yang harus ditularkan kepada para kades lainnya.

“Pastinya tidak sekonyong-konyong perusahaan membantu. Pasti ada komunikasi-komunikasi yang dibangun oleh Pak Kades, dan ini ilmu yang harus disampaikan ke temen-temen (kades lainnya-red)” pesan bupati dua periode ini.

Jika kantor desa dibangun dengan kebersamaan dari 326 desa desa tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Serang, menurut Tatu, maka Pemkab Serang tidak akan kesulitan, bahkan bisa mempercepat menyelesaikan pembangun gedung kantor desa yang kondisinya sudah tidak layak digunakan.

“Jadi, saya minta ke Pak Kades untuk memberikan testimoni kepada temen-temen kepala desa lainnya,” pinta Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten ini.

“Dengan kantor desa yang nyaman, selain untuk pelayanan, tentunya bisa dipakai tempat untuk masyarakat berdiskusi, musyawarah, baik untuk menyelesaikan persoalan, juga dalam mendiskusikan untuk kemajuan-kemajuan masyarakat Desa Kareo,” saran Tatu.

Tatu menekankan dilakukannya pembangunan atau pemulihan ekonomi kerakyatan. Untuk itu, Kades Kareo harus menginventarisasi yang dibutuhkan industri. Kemudian, memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk membuat bahan, salah satunya sambungan listrik.

“Nanti Pak Kades saya minta juga dari potensi yang ada untuk mendorong BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) membuat kelompok-kelompok ekonomi di tengah masyarakat,” pintanya.

Menanggapi itu, Kades Kareo Kusjani mengungkapkan, pembangunan gedung dimulai pada Maret 2021 lalu di atas lahan seluas 426 meter, dengan luas bangunan mencapai 262,4 meter. Diakui Kusjani, gedung kantor dibangun lantaran kondisi gedung lama kerap diterjang banjir setiap curah hujan tinggi, karena posisinya di bawah lahan pesawahan.

“Alhamdulillah, tahun pertama menjabat kepala desa dibangun gedung baru, ini ikhtiar hasil pembangunan direalisasikan yang menjadi salah satu visi misi saya. Dengan adanya gedung baru, akan menambah semangat saya dan unsur pemerintahan desa untuk meningkatkan kinerjanya. Ini wujud rasa syukur atas terpenuhinya sarana prasarana dan akan memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” ucapnya. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013