Banten24

Dindikbud Cilegon Kembali Buka 1.000 Kuota Beasiswa Full Sarjana

BISNISBSNTEN.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Cilegon kembali menyediakan 1.000 kuota pendaftaran beasiswa full sarjana pada tahun 2024. Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa selama 8 semester.

“Beasiswa full sarjana seperti tahun-tahun sebelumnya ini kan udah tahun keempat dari tahun 2021, targetnya rencananya 1000 mahasiswa pertahun,” kata Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila, Senin (10/6/2024).

Dijelaskan Heni, program beasiswa full sarjana tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa asal Kota Cilegon yang berprestasi dan atau dari keluarga kurang mampu. “Syaratnya mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi. Jadi, kalau tidak mampu dibuktikan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) atau masuk keluarga harapan. Berprestasi dibuktikan dengan keikutsertaan lomba juara lomba 1,2,3 tingkat kota, provinsi dan nasional,” jelasnya.

Advertisement

Menurut Heni, para calon mahasiswa dan mahasiswa yang mendapat beasiswa akan diberikan bantuan dalam membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan maksimal biaya sebesar Rp 3 juta selama 8 semester. “Maksimal nilai bantuannya Rp 3 juta perorang. Jadi, bagi UKT yang cuma Rp 2,2 juta ya kita kasih segitu sesuai UKT, tidak lebih dari Rp 3 juta selama 8 semester,” tuturnya.

Hingga tahun 2024, tambah Heni, setidaknya sudah ada 26 universitas yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terkait realisasi pelaksanaan program beasiswa full sarjana, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. “Sudah ada 26 universitas (Perguruan Tinggi yang sudah bekerjasama beasiswa full sarjana-red) yang rata-rata di Banten dan Jakarta,” tambahnya. (dik)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com