Banten24

Desa Kopo Raih Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Serang

BISNISBANTEN.COM – Desa Kopo yang mewakili Kecamatan Kopo menjadi runner up atau juara kedua pada Lomba Desa tingkat Kabupaten Serang 2024 terkait Administrasi Pemerintah Desa. Juara pertama diraih Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, disusul juara ketiga yaitu Desa Ciagel Kecamatan Kibin.

Kades Kopo Sapri mengaku bangga desanya menjadi perwakilan desa dari sepuluh desa di Kecamatan Kopo untuk mengikuti Lomba Desa tingkat Kabupaten Serang dan meriah predikat juara kedua yang penilaiannya berfokus pada Administrasi Pemerintahan Desa. Penilaian lomba, disebutkan Sapri, meliputi dokumen Pemerintahan Desa, dokumen kewilayahan, dokumen kegiatan bidang kemasyarakatan, dimana dokumen-dokumen dokumen tersebut menjadi rujukan kegiatan dalam menentukan program sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat. Menurut Sapri, raihan juara kedua Lomba Desa merupakan buah dari kerja keras aparat desa sampai Ketua RT/RW yang menjadi lini terdepan pemerintahan, terlebih peran kecamatan yang selalu membina dan membimbing akan standar operating prosedur (SOP) dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

“Meskipun belum bisa jadi juara pertama, ke depan kita akan maksimalkan lagi apa-apa yang harus dipenuhi untuk memaksimalkan hasil yang akan datang. Saya tetap bangga akan pencapaian ini,” ucapnya.

Advertisement

Sementara itu, Camat Kopi Imron menilai, dengan terwujudnya tata kelola administrasi pemerintahan yang baik, baik di desa, kecamatan, maupun daerah dapat menjadi bagian penting bagi terwujudnya pembangunan suatu wilayah. Itu, kata Imron, bisa dipahami karena terwujudnya pembangunan hakiki suatu wilayah tidak bisa dilepaskan dari peran staekholder terkait, meliputi pemerintah, pihak swasta, dan pelibatan masyarakat setempat. Tertib administrasi dan pendokumentasian program kegiatan yang baik, menurut Imron, menjadi modal dasar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat mendorong investasi berkembang di wilayah tersebut, khususnya wilayah Desa Kopo.

“Jujur saya sangat bangga akan pencapaian Desa Kopo sebagai peraih juara Lomba Desa tingkat kabupaten,” ucapnya.

Menurut Imron, raihan juara Lomba Desa dapat dijadikan sebagai pemicu semangat seluruh desa lain di Kecamatan Kopo untuk lebih mengedepankan pelibatan masyarakat, serta pencapaian bersama target-target desa melalui administrasi dan pendokumentasian program kegiatan dengan baik.

“Ini (juara-red) dapat dicapai melalui semangat dan kerja keras serta ciptakan inovasi,” pungkasnya. (Nizar)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013