Ekonomi

Bank Banten Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Melalui Event KKB & Digiwara Fun Fest 2024

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah menyelenggarakan Karya Kreatif Banten & Digiwara Fun Fest 2024 selama 5 hari dengan tema Inovasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi Menuju Banten Maju, Mandiri, dan Sejahtera di Bintaro Jaya Xchange Tangerang Selatan.

Seremonial pembukaan KKB dan DIGIWARA Fun Fest 2024 dilaksanakan oleh Pj Gubernur Banten, Al Muktabar; Anggota Komisi XI DPR RI, Marinus Gea;  Deputi Gubernur BI, Juda Agung; Kepala Perwakilan BI Banten, Ameriza M Moesa;  Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Muhammad Firdaus; Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Liz Zeny Merry dan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Krizna Ariza.

Penyelenggaraan event terbesar, strategis, dan unggulan Bank Indonesia Provinsi Banten ini, yakni Karya Kreatif Banten (KKB) yang difokuskan pada bidang pengembangan UMKM dan Pariwisata unggulan, sekaligus menjadi bagian dari road to Karya Kreatif Indonesia, sementara Digital Jawara (DIGIWARA) Fun Fest difokuskan pada bidang perluasan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Digital di daerah, serta sekaligus menjadi bagian dari road to Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) tahun 2024.
Dalam sambutannya Pj Gubenur Banten, Al Muktabar menyampaikan, tantangan UMKM Banten yang masih menjadi hambatan dan mengharapkan UMKM Banten dapat lebih aware dalam menangkap peluang dengan memanfaatkan platform digital untuk memperluas akses pasar dan peningkatan kapasitas baik dari sisi UMKM dan pariwisata.

Advertisement

Pj. Gubernur Banten juga menyampaikan pentingnya digitalisasi seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali digitalisasi transaksi pemerintah daerah. Dengan digitalisasi transaksi pemerintah daerah, dapat mendukung pengembangan perekonomian Provinsi Banten, melalui sinergi pusat dan daerah serta seluruh stakeholder melalui konsep pentahelix.

“Diharapkan dapat mengatasi tantangan dan mendekatkan peluang UMKM Banten untuk dapat mandiri dan berdaya saing sehingga apa yang dicita-citakan menjadi nyata, tentunya emprov Banten bersama Perwakilan BI Provinsi Banten terus mendorong para pelaku UMKM agar menjadi UMKM naik kelas dengan memanfaatkan perkembangan digitalisasi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Plt. Direktur Utama Bank Banten Rodi Judo Dahono pada saat hadir dalam undangan pembukaan Karya Kreatif Banten (KKB) dan  Digital Jawara (DIGIWARA) Fun Fest 2024 menyampaikan, Dengan adanya event besar ini semoga bisa menjadi upaya inovasi terhadap potensi yang ada di Provinsi Banten juga tentunya dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Membuka lapangan pekerjaan, menurunkan angka pengangguran dan dapat mendorong para pelaku UMKM menjadi naik kelas dengan memanfaatkan perkembangan digitalisasi,” ungkapnya.

Advertisement

Kepala Divisi Perusahaan & Hukum, Ferdy Ardian  pada saat pemaparan Public Expose di acara Digiwara Fun Fest 2024  Sebagai Bank Pembangunan Daerah Banten.

“kami sangat apresiasi dengan adanya kegiatan Karya Kreatif Banten & Digiwara Fun Fest 2024 yang di selenggrakan oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, dengan itu kami  Mendukung program pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Banten. Melalui digitalisasi diharapkan UMKM dapat menggapai peluang untuk mengembangkan usahanya lewat platform digital untuk memperluas pasar, dengan dukungan sistem pembayaran yang cepat dan aman,” ungkapnya.

Karya Kreatif Banten & Digiwara Fun Fest 2024 menjadi wadah pengembangan UMKM, peningkatan kapasitas UMKM, peningkatan kualitas produksi ekspor, peningkatan promosi wisata, dan peningkatan inklusi ekonomi keuangan digital di Provinsi Banten sehingga tercipta

Bank Banten kini terus mengakselerasi berbagai langkah-langkah strategis untuk mendorong performa bisnis perseroan seiiring dengan upaya perseroan dalam meningkatkan pelayanan di Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Harapannya Bank Banten dapat menjadi katalisator kebangkitan perekonomian di Provinsi Banten. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com