Info Bisnis

Astra Tol Tangerang-Merak, Pastikan Safety yang Utama untuk Pengguna Jalan

BISNISBANTEN.COM – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, Astra Tol Tangerang-Merak menggelar rangkaian kegiatan berupa Fire Rescue Challenge, & Safety Awareness, yang diadakan sejak 1 – 28 Februari 2024, di lingkungan kerja ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (Tamer).

Bulan K3 sendiri diperingati secara nasional pada tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahunnya.

Melalui momentum Bulan K3 Nasional ini, ASTRA Tol Tamer kembali menunjukkan tekad dan komitmennya untuk selalu berupaya secara konsisten melakukan improvement pelaksanaan K3 dalam setiap interaksi proses lini bisnis perusahaan, termasuk off the job safety.

Advertisement

Rinaldi, Direktur Teknik dan Operasi Astra Tol Tangerang-Merak, pada puncak seremoni kegiatan bulan K3 pada 21 Februari 2024 di aula kantor Gerbang Tol Ciujung, mengungkapkan, yang terpenting adalah bahwa K3 melekat kuat dan menjadi yang utama dalam pola pikir atau top of mind dan perilaku setiap Insan Astra Tol Tangerang-Merak.

“Sehingga menular kepada rekanan, pelanggan atau pengguna jalan, maupun masyarakat sekitar,” tukasnya.

Dalam penilaian budaya K3 di tempat kerja ASTRA Tol Tamer, menggunakan metode atau perangkat Safety Culture Maturity Level (SCML) dimana dilakukan survey pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap brebagai level tenaga kerja ASTRA Tol Tamer, menunjukkan bahwa ASTRA Tol Tamer berada di grade Proaktif.

Penilaian SCML sendiri dilakukan oleh fungsi EHS (Environment, Health & Safety) setiap tahun yang juga dapat membantu karyawan mengenali bahaya dan risiko yang terkait dengan pekerjaan.

Advertisement

Selain budaya K3 ASTRA Tol tamer juga menerapkan sistem manajemen K3 dan Lingkungan yang merupakan standar internal ASTRA yaitu Astra Green Company (AGC) standard, yang diklaim cukup ketat dan dilakukan penilaian setiap tahun.

Terbukti implementasi K3 di ASTRA Tol Tamer bukan sekedar retorika, namun telah mendapatkan pengakuan nasional sejak tahun 2020 – 2023, ASTRA Tol Tamer telah dianugerahi sertifikasi SMK3 dengan hasil memuaskan meskipun bertahap dari 112 kriteria hingga 166 kriteria atau kategori High Risk, mendapatkan pengakuan dengan hasil memuaskan (EMAS). Ini memang layak dibanggakan.

Pada puncak kegiatan bulan K3 lalu ASTRA Tol Tamer juga turut mengundang mitra ASTRA Group yang bergerak di bidang konstruksi yaitu itu PT ACSET Indonusa Tbk, yang memberikan sharing pengalaman di bidang K3 konstruksi, hal ini bagian dari penguatan kompetensi dan pengalaman insan ASTRA Tol Tamer yang paska lebaran nanti akan mulai meIakukan proyek penambahan lajur ke – 3 segmen Serang Barat- Cilegon Timur.

Diharapkan, melalui sharing knowledge tersebut semakin meningkatkan kolaborasi penerapan K3 proyek yang akan memberikan implikasi positif terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Kami berharap melalui upaya meningkatkan kepedulian dan perilaku Safety Awareness kepada seluruh Insan Astra dan value chainnya, dapat menjadikan pengelolaan K3 sebagai prioritas dalam peningkatan mutu pelayanan kepada para pengguna jalan Tol Tangerang-Merak,” tutup Rinaldi. (Susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com