Banten24Ekonomi

ASN Pemkab Serang Galang Dana Peduli Korban Gempa Cianjur

BISNISBANTEN.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang bernaung pada organisasi Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) melakukan penggalangan dana yang akan disumbangkan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Hasil penggalangan dana atas inisiasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah itu, mencapai sekira Rp300 juta.

Hal itu diungkapkan Ketua Korpri Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri usai mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-51 tingkat Kabupaten Serang di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (29/11/2022).

“Momentum peringatan HUT Korpri ke-51 ini ada dua hal yang patut kami banggakan dan bersyukur. Pertama, menyikapi bencana gempa di Cianjur dengan banyaknya korban, atas inisiasi Ibu Bupati (menyebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah-red), para ASN mengumpulkan dana peduli korban gempa Cianjur,” ungkap Entus yang juga selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang ini.

Advertisement

Dijelaskan Entus, upaya penggalakan dana oleh para ASN di lingkungan Pemkab Serang yang bernaung di Korpri itu sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Kabupaten Serang.

“Atas inisiasi Ibu Bupati, dana sudah terkumpul Rp300 juta dan akan diserahkan langsung oleh Ibu Bupati kepada Bupati Cianjur,” ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini.

Sekadar informasi, bahwa peristiwa gempa bumi di Cianjur terjadi pada Senin (21/11/2022) siang lalu, dengan pusat gempa berada di 10 KM barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Informasi terakhir pada Selasa (29/11/2022) pukul 18.30 WIB seperti dikutip detik.com, korban tewas akibat gempa dengan magnitudo (M) 5,6 itu menjadi 327 orang. Dan warga yang dilaporkan masih hilang sampai saat ini sebanyak 13 orang. Kemudian, korban luka berat sebanyak 595 orang, dimana sebanyak 68 orang masih dirawat di seluruh rumah sakit Cianjur. Selain itu, data pengungsi terdata mencapai 108.7290 jiwa, dengan rincian, pengungsi laki-laki sebanyak 52.987 jiwa, pengungsi perempuan 55.733 jiwa, penyandang disabilitas 147 jiwa, ibu hamil 1.341 jiwa, dan lansia 6.994 jiwa. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013