Banten24

Universitas Faletehan Gelar PKKMB Secara Virtual

BISNISBANTEN.COM — Universitas Faletehan menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara virtual pada 29-30 September 2020. Meskipun di tengah pandemi, Universitas Faletehan tetap menggelar pengenalan kampus walaupun lewat virtual agar mahasiswa lebih mengenal kehidupan kampus tempat menempuh perkuliahan beberapa tahun kedepan.

Ketua Pelaksana PKKMB Suhroji Adha mengungkapkan, sebelum PKKMB 2020, panitia juga menggelar pra PKKMB pada 28 September 2020 sebagai langkah persiapan para peserta saat PKKMB selama dua hari kedepan. Karena kondisi pandemi kampus menggelar PKKMB secara virtual dan materinya tinggal ditampilkan saat kegiatan berlangsung.
“Nanti peserta yang mengikuti PKKMB akan diminta membuat resume dari materi yang disampaikan selama kegiatan berlangsung,” katanya.

Menurutnya, PKKMB ini merupakan hal penting bagi mahasiswa baru karena menjadi syarat untuk mengikuti sidang dan surat keterangan pengambilan ijazah. Untuk PKKMB narasumber sendiri terdiri dari kementerian, pemerintahan, dan akademisi, dan BPBD.

Ia menambahkan, PKKMB ini akan menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa baru karena diselenggarakan secara virtual. Lewat kegiatan ini, mahasiswi bisa lebih mencintai kampus sebagai tempat menimba ilmu walaupun nanti selama semester satu mahasiswa akan mengikuti perkuliahan secara daring.

Ia berharap, mahasiswa tidak patah semangat dan bisa menjadi pengalaman baru, esensi dari kegiatan ini benar-benar bisa dirasakan. “Selain itu, semangatnya harus tetap sama,” harapnya.


Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma mengatakan, PKKMB merupakan kegiatan akademik pertama yang terselenggara menggunakan sistem daring. Selain itu, tahun ini juga namanya sama sesuai dengan anjuran pemerintah yakni PKKMB karena standarnya disesuai dari kementerian. “Sebelumnya nama Orientasi Perguruan Tinggi atau OPT,” katanya.


Menurutnya, kegiatan ini murni untuk memberikan materi kepada mahasiswa sebagai bekal mengikuti perkuliahan di kampus. Karena dalam suasana covid, kampus juga patuh sehingga digelar secara online. “Mahasiswa bisa mengikuti berbagai kegiatan dari rumah dengan serius selama dua hari,” katanya.

Ia berharap, mahasiswa bisa siap dengan kehidupan kampus dan meninggalkan kebiasaan lama terutama yang berkaitan dengan menjaga kesehatan dan harus peduli. “Faletehan sebagai kampus universal sangat peduli dengan kesehatan dan ini menjadi prioritas,” harapnya.

Ia mengucakan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat mengikuti kegiatan PKKMB. Selain itu, terima kasih kepada orangtua yang mempercayakan Universitas Faletehan sebagai wadah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. (Adv)



Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com