USAID Jalin Sebut AKI di Banten Tinggi

65

BISNISBANTEN.COM — USAID Jalin menyebutkan Angka akematian Ibu (AKI) di Provinsi Banten masih tinggi. Dari delapan kabupaten kota, Kabupaten Serang capai 59 persen kasus AKI.

Hal itu diungkapkan USAID Jalin Project Provinsi Banten Harris Rambey, kepada awak media saat melakukan diskusi di Le Dian Hotel & Cottages, Kamis (8/10). Dia mengatakan, ada 240 kasus AKI di Banten selama 2016.

“Setiap minggu lima orang ibu dan 27 bayi baru lahir meninggal di Banten,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data sensus kematian ibu pada 2015 – 2017 di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota serang telah ditemukan jumlah kematian ibu yang lebih besar, yakni sekitar 324 kematian.

“Jumlah anak meninggal pada nol sampai 28 hari sebanyak 1380 orang, terdata di Kabupaten Lebak terdapat 371 kasus dan Kabupaten Tangerang 322 kasus. Dua kabupaten tersebut terdapat jumlah kasus kematian neonatal tertinggi,” katanya

Menurutnya, kematian ibu dan neonatal bisa dicegah dengan menggandeng semua pihak, caranya dengan pendeteksian dini dan penanganan yang cepat, serta peningkatan akses pelayanan kesehatan.

“Hal itu memengang peranan yang penting. Contohnya seperti optimalisasi sistem rujukan yang bisa dicapai dengan perbaikan sistem transportasi ke pelosok desa,” tutupnya. (SYF)

 

Penulis : Syifa Fauziah

Editor : Nurzahra Amalia