Rayakan HUT ke-5, ini bidikan kedepan PT Jamkrida Banten

34

BISNISBANTEN.COM — PT Jamkrida Banten merayakan hari jadi kelima pada, Selasa (24/9).

Terhitung sudah lima tahun lamanya, BUMD yang tidak hanya bergerak di penjaminan kredit konvensional ini, yakni juga bergerak di bidang penjaminan syariah, semakin menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.

Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan, PT Jamkrida Banten memiliki kinerja yang semakin baik dan terus berkembang. Ini tidak terlepas dukungan dari pemegang saham yang juga hadir dalam perayaan hari jadi. Untuk itu, PT Jamkrida Banten siap berkompetisi dan harus siap menghadapi risiko dunia bisnis penjaminan.

“Selama lima tahun waktu yang cukup untuk belajar, sekarang waktunya untuk memperluas pangsa pasar,” katanya.

Menurutnya, Jamkrida Banten akan terus menambah jumlah mitra agar pangsa pasarnya semakin luas. Saat ini, ada 179 mitra baik konvensional maupun syariah seperti OPD, koperasi, BPR, dan pihak swasta lainnya. Perluasan pasar ini ke berbagai daerah baik terutama mengoptimalkan pemerintah daerah terutama Pemprov Banten.

Tak hanya itu saat ini, nilai penjaminan yang diberikan Jamkrida Banten mencapai Rp 3,3 triliun dengan mayoritas penjaminan kredit konvensional. Ini sebagai bukti bahwa kinerja Jamkrida Banten mendapatkan kepercayaan dari berbagai mitra. Keberadaan unit usaha syariah juga semakin berkembang dan dicanangkan bisa spon off (pemisahan) dalam beberapa tahun kedepan.

“Unit usaha syariah ini memang belum sebesar konvensional, ini juga karena pangsa pasar syariah juga belum banyak. Namun terus berkembang,” katanya.

Dikatakan Hendra, dalam bidang UMKM juga merupakan salah satu tantangan Jamkrida Banten kedepan.

“Kedepan, kita berharap dapat menambah kerja sama juga bersama para mitra UMKM,” katanya.

Sementara itu, menurutnya penambahan modal masih sangat diperlukan agar perusahaan penjaminan bisa semakin berkembang. Namun, direksi juga memahami jika pemegang saham masih banyak pengeluaran sehingga penyertaan tambahan modal belum dilakukan dan prosesnya juga panjang.

“Mudah-mudahan, Pemprov memberikan dukungan agar akses bisnis penjaminan Jamkrida bisa lebih berkembang,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Sekda Banten Al Muktabar mengungkapkan, bisnis penjaminan merupakan bisnis kepercayaan dan dengan kinerja sekarang yang mencapai Rp3,3 triliun. Ini membuktikan kinerja Jamkrida Banten positif dan apresiasi dari pemegang saham dengan mendapatkan mandat agar jajaran direksi ini melanjutkan untuk periode kedua.

“Dari statement pak Sekda, itu merupakan penghargaan bagi direksi kami, dimana kami diberikan kepercayaan sebagai perusahaan penjaminan yang harus terus meningkatkan kinerja kedepan,” tutupnya. (GAG)