Permudah Layani Peserta, BPJS Kesehatan Gencar Lakukan MCS

21

BISNISBANTEN.COM  — BPJS Kantor Cabang Serang gencar melakukan Mobile Customer Service (MCS) untuk lebih dekat kepada masyarakat sekaligus memberikan layanan informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehatan (JKN-KIS).

MCS merupakan kegiatan rutin dilakukan BPJS Kesehatan yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kepesertaan Program JKN-KIS diantaranya adalah pendaftaran sebagai peserta serta pencetakan kartu Peserta.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Serang, Agung Adhi Putra ,MCS merupakan kegiatan yang telah dijadwalkan untuk memudahkan masyarakat saat melakukan pendaftaran menjadi peserta dan sebagai upaya mengurangi antrian yang ada di Kantor BPJS Kesehatan.

“Nantinya, peserta dapat melakukan pendaftaran sebagai Peserta baru, perubahan data Peserta, dan menyampaikan pengaduan serta menerima informasi terbaru terkait Program JKN KIS,” kata Agung, Kamis (27/06).

Masih kata Agung, pada kesempatan itu tim perluasan peserta dari BPJS Kesehatan juga intens mempromosikan aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat sekitar. Melalui Mobile JKN,  masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tentang BPJS Kesehatan hanya dalam satu genggaman, dimanapun dan kapanpun serta dapat mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS tanpa harus datang ke kantor.

“Mobile JKN merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sebagai wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta,” kata Agung.

Untuk saat ini, peserta yang tidak memiliki rekening bank atau di wilayahnya tidak terdapat titik layanan perbankan, peserta tetap dapat mendaftarkan autodebit iurannya melalui uang elektronik mobile cash pada aplikasi Mobile JKN.

Endang warga Cinanggung juga mengatakan, kegiatan ini dirasakan berdampak positif bagi peserta JKN-KIS yang sering melakukan aktifitas car free day (CFD) di alun-alun Kota Serang setiap minggu. Seperti diakui Endang, warga Cinanggung Kota Serang yang juga sering mengikuti aktifitas itu bersama keluarga.

“Kebetulan ada MCS BPJS Kesehatan setiap CFD ini, ya saya manfaatkan untuk menambah informasi sekaligus konsul, kemudian diarahkan untuk unduh aplikasi Mobile JKN yang banyak manfaatnya ini,” tutur Endang.

Sebagai tambahan informasi, selain ke Kantor BPJS Kesehatan dan MCS, perubahan data peserta JKN-KIS juga dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 serta website BPJS Kesehatan. (Adv BPJS Kesehatan)