Pakar Bahasa Ini Heran, Siapa Bilang Mahasiswa Bahasa Sulit Cari Kerja?

71

BISNISBANTEN.COM – Jurusan Ilmu Bahasa atau Ilmu Linguistik sejatinya merupakan salah satu jurusan yang kurang banyak diminati. Bahkan jurusan yang satu ini hanya terdapat di kampus-kampus tertentu. Meski sepi peminat, ternyata jurusan Ilmu Bahasa memiliki prospek pekerjaan yang bagus dan cukup menjanjikan. Hal ini diungkapkan Ovi Soviaty Rivay, mantan Kepala Kantor Bahasa Banten.

“Ketika saya memasuki pekerjaan di bidang bahasa, ternyata kami sangat kekurangan orang. Mulai dari juru bicara, penerjemah lisan, penerjemah tulisan, lalu pendamping DPR itu tidak akan pernah mulai rapat kalau enggak ada ahli bahasa. Terus penyuluh, tentu bisa jadi wartawan dan penulis. Kemudian saksi ahli di pengadilan khususnya terkait masalah pencemaran nama baik, copy writer, lalu di penerbit untuk redaksi dan masih banyak lagi,” katanya kepada bisnisbanten.com di sela-sela acara penyuluhan penggunaan bahasa pada media massa, Rabu (25/10).

Menurutnya, mahasiswa tidak perlu takut untuk masuk dan menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Bahasa atau Ilmu Linguistik.

“Sebenarnya banyak sekali prospek dunia kerja di jurusan Ilmu Bahasa, jadi mahasiswa tidak perlu galau,” pungkas wanita kelahiran Bandung yang kini menjabat sebagai Kasubid Revitalisasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (haris/red)