MI dan BPRS Asbisindo Gelar Seminar Nasional terkait Hadapi Dampak Pandemi Covid-19

28

BISNISBANTEN.COM – Dalam rangka tasyakuran Milad Hari Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) tahun 2020/1441 H yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, Asbisindo Kompartemen BPRS bersama Muamalat Institute menggelar seminar online bertema “Strategi BPRS Menghadapi Dampak Pandemic Covid-19”. melalui platform Webinar-Zoom, Kamis (8/5/20).

Kegiatan yang dilakukan pada Senin lalu ini dihadiri oleh Direksi BPRS seluruh Indonesia. Hadir juga tiga pembicara dalam yaitu Achmad K. Permana selaku Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia, Sekretaris Jenderal DPP Perkumpulan Asbisindo, Adiwarman A. Karim, Pengamat Ekonomi Syariah, serta Nyimas Rohmah selaku Deputi Direktur Pengembangan Perbankan Syariah OJK.

Dalam rangka milad ke-3 ini, selain mangadakan Seminar Nasional, Asbisindo Kompartemen BPRS juga akan mengadakan jamaah tilawah Khotmil Qurán secara online diikuti oleh seluruh BPRS se-Indonesia, sebagai bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak di setiap wilayah di Indonesia dan pelaksanaan puncak milad BPRS, yang akan dilakukan pada pada 10 Mei secara online.

Anton Hendrianto selaku Executive Direktur Muamalat Institute mengatakan, dirinya merasa bangga dapat menyelengarakan Seminar Nasional untuk memfasilitasi pegiat keuangan syariah, sehingga dapat saling terupdate dengan strategy dan informasi untuk menghadapi masalah pandemi COVID 19 dan setelahnya.

“Sinergi antar pemangku kepentingan dalam ekonomi syariah menjadi kata kunci untuk kita dapat melangkah bersama untuk menuju masyarakat madani. Kedepan, Muamalat Institute akan terus hadir dalam menciptakan SDM yang unggul dalam dunia perbankan syariah, khususnya BPRS yang akan menjadi salah satu pilar penting pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkap Anton yang juga menjabat eksekutif senior di Bank Muamalat Indonesia.

Cahyo Kartiko selaku Ketua Asbisindo Kompartemen BPRS dalam sambutan mengatakan, pencanangan hari BPRS Syariah merupakan amanah dari rapat kerja nasional Departemen BPRS Syariah Asbisindo pada 2017.

‘’Milad BPRS ini memang sangat kental dengan kondisi Covid-19 ini. Kondisinya sangat mempengaruhi pengembangan kita, operasional kita maka perlunya solidaritas dan optimisme dalam industri BPRS untuk menghadapi Covid-19. Kita harus saling berkomunikasi, silaturahmi, dan saling menguatkan. Kita harus optimis, penuh semangat dan tidak pernah putus asa, insya Allah akan ada jalan keluar yang terbaik” pungkasnya. (AHR)