Manfaatkan Bahan Pangan yang Melimpah, Bupati Serang Ingin Lestarikan Makanan Lokal

49

BISNISBANTEN.COM — Pemerintah Kabupaten Serang terus mengupayakan untuk lestarikan dan memperkaya pangan lokal yang khas di Kabupaten Serang. Hal itu dikatakan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan cara melaksanakan lomba cipta menu (LCM) setiap tahun tingkat Kabupaten Serang.

“Bahan baku pangan lokal di Kabupaten Serang melimpah, oleh karena itu kita perlu olah dan lebih kreatif lagi,” katanya.

Menurutnya, makanan khas di Kabupaten Serang masih kalah bersaing dengan makanan modern siap saji. Sehingga, perlu adanya kreativitas makanan lokal yang dimodifikasi menjadi resep makanan khas daerah.

“Semoga bisa mengangkat kembali citra makanan khas daerah yang sudah jarang diminati warga,” tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pngan dan Perikanan (DKPP) Budi Mulyana menuturkan, lomba cipta menu bisa meningkatkan pemahaman akan pentingnya konsumsi pangan yang sehat.

“Harus ada sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pangan untuk meningkatkan kualitas hidup,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan itu harus melibatkan binaan PKK di 29 Kecamatan di Kabupaten Serang yang memiliki inovasi dalam membuat aneka ragam olahan yang bersumber daya lokal.

“Kami juga mengundang pengolah makanan yang menggunakan sumber daya lokal, dan bahan olahannya ditampilkan melalui sampel makanan,” tambahnya. (SYF/NUA)

Penulis : Syfa Fauziah
Editor : Nurzahara Amalia