Kreatif! Wanita Ini Manfaatkan Barang Bekas Jadi Punya Nilai Jual BISNISBAN

44

BISNISBANTEN.COM — Barang bekas yang sudah tidak terpakai sebenarnya bisa dimanfaatkan agar mempunyai nilai jual. Seperti yang dilakukan Andi, wanita yang tinggal di Kramatwatu, Serang, Banten.

Ia memanfaatkan bibir gelas plastik menjadi barang yang berguna dan menghasilkan rupiah. Ia menyulap bibir gelas plastik menjadi tas, kotak tisu, kotak hantaran pernikahan, dan lain sebagainya. Hasilnya sangat unik, cantik dan menarik.

“Daripada saya dirumah enggak ada aktivitas yang menghasilkan, saya terbesit ide untuk kembangin usaha ini sejak empat tahun yang lalu,” ujarnya kepada bisnisbanten.com, dalam acara HUT Provinsi Banten ke-18, di Keraton Surosowan, Banten Lama, Kamis (4/10).

Ia mengaku, tidak ada kesulitan dalam membuat tas dari gelas plastik ini. Hanya saja, perlu ada ketelitian dalam memotong bibir gelas bekas dan kemudian membersihkannya harus hati-hati. Agar potongannya bagus dan warna asli dari gelas tidak hilang.

“Saya ambil barang bekas itu dari tukang pulung,” tambahnya.

Ia menjual produk yang dibuatnya dengan harga Rp40 ribu sampai Rp500 ribu. Tergantung banyaknya jumlah bibir gelas plastik yang ia rangkai menjadi barang yang terpakai kembali. (SYF/NUA)

Penulis : Syfa Fauziah
Editor : Nurzahara Amalia