Kembangkan Budaya Literasi, DPK Provinsi Banten Gelar Roadshow di Cilegon

74

BISNISBANTEN.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten kembali mengadakan roadshow budaya literasi masyarakat, di Aula Serba Guna Kampus Al-Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon pada Rabu, (7/3). Roadshow tersebut dilakukan dalam upaya mengembangkan budaya literasi masyarakat di Kota Cilegon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, Ajak Muslim. Dirinya mengatakan, dalam membangkitkan semangat masyarakat dalam berliterasi, DPK perlu memberikan penjelasan bahwa literasi itu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia.

“Kebijakan pemerintah yang baru adalah kebijakan literasi untuk kesejahteraan masyarakat, jadi membangkitkan minat baca masyarakat itu tidak cukup sampai di situ, tetapi harus nyambung dan berkorelasi dengan masyarakat di desa,” ujar Ajak kepada para wartawan.

Ajak juga menguraikan, untuk meningkatkan budaya literasi juga
tidak cukup dengan pemberantasan buta aksara. “Bisa dengan cara bedah buku bagaimana cara ternak lele, menanam cabe, dan lain sebagainya. Tadi juga pak Wakapolres Kota Cilegon hadir, beliau support, mudah-mudahan di Polres Cilegon juga nanti ada perpustakaan,” pungkasnya. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia