Disperindag Kabupaten Serang Siap Bangun 367 UMKM Baru di 2018

305

BISNISBANTEN.COM — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang, menargetkan sebanyak 367 UMKM baru akan diterbitkan di tahun 2018.

Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Vita Agustina mengatakan, diharapkan akan adanya kenaikan kelas mulai dari mikro menjadi makro sehingga aset dan omzet diperkirakan akan mengalami peningkatan.

“Peningkatan kelas tersebut juga akan kita dukung dengan teknologi, saat ini kan sudah banyak UMKM yang memanfaatkan e-commerce, jadi nanti kami juga sediakan semua berbasis IT,” katanya, saat dihubungi via telephone seluler, Selasa (28/11).

Masih kata dia, selain peningkatan jumlah UMKM, pihak ya juga akan tetap menjalankan program-program rutin diantaranya sertifikasi halal, Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), pelatihan pengemasan, pameran, dan pemasaran.

“Dengan berbagai program yang kami laksanakan ini, kami inginkan agar produk UMKM di Banten khususnya Kabupaten Serang dapat berdaya saing, berkembang, sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Serang dapat meningkat,” ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini jumlah Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) di Kabupaten Serang telah mencapai 82 gerai dan fasilitasi pangan halal yang saat ini berjumlah 60.

“Dari berbagai macam pelatihan, yang sudah lolos seleksi kita berikan fasilitas gerai dengan memberlakukan sistem pinjam pakai, dimana gerai tersebut tidak dikelola oleh kami, tapi oleh forum komunikasi UMKM yang berlokasi di Anyer, Cinangka, dan Kota Serang, “tutupnya. (GAG/NUA)


Penulis: Wirda Garizahaque
Editor: Nurzahara Amalia