BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Jaminan Sosial BUMdes

28

BISNISBANTEN.COM — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi Program Jaminan dan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Horison Forbis Hotel Cilegon, Selasa (30/2019).

Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Banten Eko Nurgianto mengatakan, Pada kegiatan Sosialisasi Program Jaminan dan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) terdapat empat manfaat program jaminan sosial diantaranya, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

“Berdasarkan informasi seluruh Indonesia BUMdes ada sekitar 27 ribu skala Nasional, di Banten ada sekitar 393 belum ada yang masuk kedalam BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Dari data tersebut lanjut Eko, para peserta diwajibkan untuk mengikuti program BUMdes, dikarenakan terdapat banyak manfaat yang di dapat, antara lain peserta dapat bekerja lebih nyaman dan lebih produktif.

“Salah satu contoh, ketika pemilu 17 April lalu hampir tiga ratus orang lebih yang meninggal tidak terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Harusnya penyelenggara negara seluruh anggota KPU dan KIPP bisa melindungi tugas mereka, terjadinya resiko-resiko meninggal, sakit, dan kecelakaan kerja,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya terus mendorong masyarakat khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kesadaran akan risiko saat bekerja terutama untuk bagi pelaku usaha. (FK)