BI Klaim Peningkatan E-toll 59 Persen di Ruas Tol Tangerang-Merak

48

BISNISBANTEN.COM — Setelah diberlakukannya penerapan transaksi non tunai (e-money) diseluruh gardu tol. Ini membuat presentase pengguna kartu elektronik di ruas toll Tangerang-Merak terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Bank Indonesia, hingga tanggal 8 Agustus 2017, pengguna e-toll card di ruas tol Tangerang-Merak yang merupakan cakupan wilayah PT Marga Mandala Sakti (MMS) yakni mencapai 59 persen.

Manager Perizinan dan Pengawan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Banten Kuswinarso mengatakan, peningkatan pengguna e-toll tersebut tidak terlepas dari dukungan para pihak terkait di antaranya Badan usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan yang terlibat.

“Saat ini kami terus upayakan agar semua pengguna jalan tol dapat menggunakan e-toll,” katanya, Kamis (12/10).

Selain itu, kata dia, penggunaan transaksi non tunai diruas tol juga diupayakan dapat mengurangi kemacetan yang biasa dikarenakan waktu pembayaran.

“Waktu pembayaran akan lebih cepat, karena tidak ada lagi perhitungan dan pengembalian uang sehingga dapat memperpendek antrian serta memperkecil kemungkinan terjadinya kemacetan di gerbang tol,” ujarnya.

Kendati demikian, untuk meningkatkan penggunaan transaksi non tunai pada pembayaran di seluruh gerbang tol, pihak perbankan dan BUJT pekan depan akan melakukan diskon promo 100 persen bagi setiap pengguna kendaraan yang memasuki jalan tol. (gag/red)