Acara Puncak Pekan QRIS Nasional di Kantor BI Banten Berlangsung Semarak

137

BISNISBANTEN.COM – Acara puncak Pekan QRIS Nasional di halaman parkir Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw Bl) Provinsi Banten berlangsung semarak, Sabtu (14/3/20).

BI Banten juga sukses menggelar rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) tahun 2020 ke berbagai tempat, untuk memperluas penggunaan QR Code atau Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di Provinsi Banten.

Acara puncak pekan QRIS Nasional diawali dengan senam aerobik bersama, antara pegawai Bank Indonesia Provinsi Banten, pegawai PJSP (bank-bank) yang ada di Banten, serta para pelaku UMKM dan sebagaian masyarakat yang ada di Banten.

Berbagai doorprize yang diberikan oleh Bank Indonesia, juga membuat para hadirin di acara puncak Pekan QRIS Nasional ini semakin membuat para peserta riang gembira. Acara juga turut dimeriahkan artis dan musisi ibukota.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, tranformasi digital dalam dunia bisnis harus meciptakan inovasi khususnya dalam transaksi pembayaran.

Bank Indonesia membuat satu sistem pembayaran dengan sistem yang sama, yakni melalui satu aplikasi sistem pembayaran yang bisa digunakan oleh berbagai aplikasi uang elektronik.

Menurut Erwin, manfaat penggunaan QRIS juga tidak hanya menguntungkan pelaku usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), tapi juga memudahkan transaksi yang dilakuakn konsumen.

“Tidak itu, untuk Pemerintah Daerah (Pemda) juga bisa mempercepat akses keuangan serta elektronifnkasi Pemda,” kata Erwin di Halaman Kantor Bl Banten, Palima, Kota Serang.

Erwin menambahkan, Sejak Launching pada tangga|1 Januari 2020, saat ini merchant yang menggunakan QRIS di Provinsi Banten mencapai 173 ribu merchant dengan pengguna terbanyak di Wilayah Tangerang. ”Kami harap melalui acara ini, masyarakat dapat memahami, mencoba dan menggunakan QRIS dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (AHR)